Manfaat sirih bagi wanita

manfaat sirih bagi wanita

Manfaat sirih bagi wanita

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Manfaat Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Ciri-ciri batang, daun, dan bunga/buah sirih

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang.

Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Kandungan Daun Sirih

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Manfaat sirih yang lain biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Kandungan zat lain dari sirih antara lain: fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula.

Manfaat sirih bagi masyarakat jaman dulu biasanya dengan sering mengunyah sirih dengan gambir, kapur, dan pinang karena salah satu manfaat daun sirih adalah dapat menjaga kesehatan gigi. Namun seiring berkembangnya zaman, kini sirih sudah diolah menjadi berbagai macam produk untuk memudahkan konsumen dalam mengonsumsinya. Beberapa jenis sirih yaitu: Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning semuanya memiliki kandungan zat yang hampir sama yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat kita peroleh dengan resep-resep sebagai berikut:

  1. Daun Sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari. Jika Anda tidak tahan dengan aroma saat mengunyah sirih, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.
  2. Daun Sirih untuk Obat batuk. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, Anda perlu menyediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.
  3. Daun Sirih untuk mengobati Keputihan. Manfaat daun sirih untuk mencegah atau mengobati penyakit keputihan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Anda dapat membuatnya dengan merebus beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, rebus dan gunakan airnya untuk cebok. Selanjutnya buat resep untuk diminum dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, kunyit, sambiloto/tapak liman, dan kumis kucing. Rebus semua bahan tersebut, saring airnya, lalu minum setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh.
  4. Daun Sirih untuk mengobati Batuk. Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.
  5. Daun Sirih untuk mengobati Bronkitis. Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.
  6. Daun Sirih untuk mengobati luka bakar. Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.
  7. Daun Sirih untuk mengobati mimisan. Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.
  8. Daun Sirih untuk mengobati bisul. Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.
  9. Daun Sirih untuk mengobati mata gatal dan merah. Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.
  10. Daun Sirih untuk mengobati koreng dan gatal-gatal. Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.
  11. Daun Sirih untuk mengobati gusi berdarah. Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.
  12. Daun Sirih untuk mengobati sariwan. Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.
  13. Daun Sirih untuk mengobati jerawat. Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.
  14. Daun Sirih untuk mengobati ASI yang berlebih. Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Itulah sebagian manfaat dari daun sirih. Tanaman asli Indonesia ini saat ini dalam penelitian untuk memaksimalkan fungsinya untuk kesehatan manusia. Melihat khasiat satu jenis tanaman Indonesia ini, teringat lagu koes plus yang mengatakan nusantara adalah jamrud katulistiwa. Sayangnya pengelolaannya lebih banyak diserahkan kepada Asing sehingga rakyat masih sengsara walaupun 68 tahun lebih merdeka.